Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Outbound Training Program for Corporate

Cara dan Tips Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Pemasaran Digital untuk Pelaku UKM
Pemasaran Digital untuk Pelaku UKM


Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memahami bahwa dibutuhkan sebuah website yang baik untuk menarik lebih banyak pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan tetap. Karena meningkatnya jumlah para konsumen yang menemukan dan membeli kebutuhan mereka melalui internet atau belanja online, penting bagi Anda untuk terjun ke dalam pemasaran digital.

Untuk membantu bisnis yang Anda jalankan, berikut adalah beberapa tips digital marketing yang dapat Anda lakukan:

1. Beriklan di Media Sosial dan Mesin Pencari

Social media marketing adalah salah satu poin penting dalam pemasaran digital. Ketika Anda beriklan di media sosial seperti Facebook atau Instagram, pastikan desain iklan sebaik mungkin. Anda harus memiliki target pelanggan sesuai dengan kota atau komunitas di mana Anda lokasi bisnis selain website. Karena mereka adalah orang-orang yang paling relevan dan penting bagi bisnis Anda.

Anda harus menggunakan kata kunci yang relevan termasuk alamat fisik dari bisnis Anda. Periksa dan mempelajari hasil iklan untuk melihat kata kunci dapat meningkatkan bisnis Anda.

Salah satu media sosial yang masih memiliki nilai yang baik untuk pemasaran digital adalah Facebook. Pasalnya, sejak dinobatkan sebagai media sosial paling populer, algoritma Facebook menarik lebih banyak pelanggan Anda perlu beriklan.

Biaya iklan di Facebook bisa dibilang cukup terjangkau. Selain itu Facebook juga menawarkan petunjuk untuk membantu Anda membuat iklan yang efektif dengan tujuan mencapai pelanggan Anda.

Plus, ada alat analisis disediakan secara gratis oleh Facebook untuk melacak hasil iklan Anda dan meningkatkan mereka untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Pilih Halaman Arahan (Landing Page) yang Relevan

Ketika pelanggan menemukan iklan dan klik, maka Anda ingin mereka untuk 'mengambil' ke halaman website Anda untuk memberikan apa yang mereka cari. Faktor penting adalah Anda harus memiliki halaman arahan yang baik.

3. Pastikan Website Anda Selalu Up To Date

Katakanlah Anda telah membuat upaya yang diperlukan untuk membuat usaha Anda dapat mencapai target pelanggan. Namun, jika ketika mereka mengklik iklan Anda, mereka akan tertarik untuk terus membeli produk / jasa yang Anda tawarkan?

Anda harus membuat bisnis website Anda dan terus berjalan tren tindak. Posting konten yang relevan dan sesuai dengan minat pasar secara teratur untuk meningkatkan peringkat dalam hasil mesin pencari.

Juga, pastikan website Anda memiliki desain responsif dan dapat beroperasi secara optimal pada perangkat mobile sehingga pelanggan dapat dengan bebas dapat melakukan transaksi menggunakan perangkat apapun.

4. Hasilkan Backlink

Backlink berkualitas tinggi dapat membantu Anda untuk peringkat tinggi pada hasil mesin pencari dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan.

Cara mendapatkan backlink dari (misalnya) blogger dan orang-orang berpengaruh (influencers) adalah untuk menciptakan sebuah infografis yang menarik tentang bisnis Anda. Gunakan mesin pencari atau alat seperti Google Trends dan Google AutoComplete untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Menulis semua poin yang akan dibahas dalam Infographic kemudian menyewa seorang profesional untuk melakukannya. Setelah itu, Anda dapat mengirimkannya ke situs-situs berita, blog dan orang-orang berpengaruh. Jika mereka memutuskan untuk membahas infografis ini, maka Anda akan mendapatkan banyak pelanggan atau pengunjung mencapai website Anda.

5. Melacak Kemajuan Anda

Analisis keseluruhan dari upaya pemasaran digital Anda. Cari tahu strategi yang dapat meningkatkan bisnis Anda sehingga memberikan laba atas investasi yang Anda targetkan.

6. Website Anda Harus Memiliki Mobile-Friendly

Sekitar 71% dari pengguna mengakses internet dari perangkat mobile mereka atau ponsel, di mana pengguna mengabiskan rata 86 menit sehari untuk mengakses internet melalui mobil. Google juga meluncurkan algoritma baru untuk memberikan peringkat tinggi untuk situs website yang mobile-friendly.

Pastikan website Anda ramah pengguna seluler dan cara terbaiknya adalah dengan menggunakan desain responsif yang menjamin bahwa website Anda dapat dibaca dan tampil baik di berbagai jenis perangkat.

7. Pencarian Lokal Adalah Kunci untuk Keberhasilan Bisnis Lokal

Google mengatakan, sebagian besar pencarian yang dilakukan oleh pengguna internet melalui perangkat mobile dari desktop yang. Karena banyak pencarian yang dilakukan untuk mencari bisnis lokal atau bisnis, maka hasil pencarian dari Google dioptimalkan untuk pencarian lokal.

Optimasi mesin pencarian lokal (Local SEO) atau optimasi mesin pencari lokal mudah. Anda bisa mulai dengan daftar alamat bisnis Anda di direktori pencarian lokal. Kemudian pastikan nama, alamat dan nomor telepon bisnis Anda terdaftar dengan cara yang sama dalam daftar Google Bisnisku, di website dan direktori pencarian lokal lainnya. Pelajari cara membuat dan mengaktifkan Google Bisnisku (Google My Business).

8. Gunakan Email Marketing

Email tetap menjadi alat pemasaran digital yang lebih efektif untuk usaha kecil. Karena penggunaan e-mail, kini diterapkan untuk perangkat mobile, email mereka juga harus mobile.

Jauhkan konten email Anda nyaman, dengan pandangan yang baik untuk desktop, desain email Anda dalam format dengan kolom dan menggunakan banyak area putih atau putih untuk menempatkan tombol / link email .

9. Penggunaan Video Online

Video online merupakan salah satu bidang dengan pertumbuhan yang cepat dalam pemasaran digital. Enam dari 10 pemasar menggunakan video online untuk memasarkan bisnis mereka dan diperkirakan akan ada lebih banyak pihak bahwa mereka akan.

Buat video yang menunjukkan pelanggan bagaimana melakukan sesuatu, untuk membantu memecahkan masalah, wawancara pakar dan industri lainnya. Posting video di YouTube dan situs web Anda.

Posting Komentar untuk "Cara dan Tips Pemasaran Digital untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)"

Surveytime - Take Online Surveys and Earn USD 1 Instantly


Terantara Adventure Organizer - Header Ads