Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Outbound Training Program for Corporate

Manfaat Digital Marketing dengan Media Sosial Bagi Pemilik Bisnis

Digital marketing menggunakan media sosial adalah hal wajib bagi pemilik bisnis


Media sosial adalah salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan dan memasarkan produk/bisnis Anda secara online. Perkembangan media sosial yang semakin pesat merupakan indikator bahwa semakin banyak dan semakin gandrung para penggunanya. Oleh karena itu, memasarkan melalui media sosial adalah suatu kewajiban bagi setiap pelaku bisnis. Perkembangan media sosial juga melatih dan memaksa kita untuk berkembang secara dinamis mengikuti tren sehingga bisnis terus beradaptasi dan tidak ketinggalan zaman.

Salah satu hal menarik dari media sosial yaitu satu orang bisa memiliki banyak akun, sehingga Anda dapat membuat beberapa akun yang saling mendukung bisnis Anda. Mulai dari akun pribadi sebagai owner bisnis, akun untuk perusahaan atau bisnis Anda, akun produk secara spesifik, akun pemasaran yang membantu mempromosikan bisnis Anda, dan lain-lain yang dapat Anda atur sendiri. Beberapa media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram telah menjadi jejaring media sosial yang sangat digemari di Indonesia, dan terutama dapat Anda gunakan secara gratis sehingga memangkas biaya promosi bisnis Anda.

Meskipun pemasaran tradisional tetap terus digunakan karena tiap pelaku bisnis juga membutuhkan cara promosi yang berbeda menurut karakter produknya, media sosial telah menjadi salah satu elemen penting dalam digital marketing. Media sosial telah menjadi topik bahasan tersendiri dalam strategi promosi, menaikkan penjualan, juga awareness dan branding. Berikut ini Digitalkeun paparkan beberapa manfaat penting digital marketing dengan media sosial bagi bisnis Anda.


1. Hemat Biaya dan Komunikasi Dua Arah

Anda dapat membuat akun media sosial dan mem-posting tentang produk Anda secara gratis. Jika Anda ingin memasang iklan atau promosi berbayar bagi produk Anda di media sosial agar mencapai pembaca yang lebih banyak pun sudah terbukti lebih murah dibandingkan promosi konvensional menggunakan media cetak atau media penyiaran (broadcasting) televisi. Selain itu, umumnya promosi konvensional bersifat komunikasi satu arah saja, sedangkan penggunaan media sosial bersifat komunikasi dua arah. Anda sebagai pemilik bisnis dapat menyapa dan berinteraksi langsung dengan para pelanggan di media sosial.

2. Langsung (Realtime)

Dengan menggunakan media sosial untuk bisnis, umumnya kita dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses situs kita hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan secara langsung (realtime). Selain itu, umumnya setiap media sosial juga memungkinkan kita untuk menerapkan kampanye produk (product campaign) atau iklan dengan cepat, jadi tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk persetujuan (approval) editor atau perizinan seperti pada periklanan konvensional.

Keuntungan lain yang juga kita peroleh dengan memanfaatkan media sosial adalah hasil analisis iklan yang kita pasang dapat diakses lebih cepat yaitu memperlihatkan data 24 jam sebelumnya dan bahkan langsung saat ini (realtime), sehingga memungkinkan kita dalam melakukan penyesuaian atau adjustment iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik.

3. Mudah Menarik Perhatian Pelanggan

Dengan foto-foto yang bagus secara visual dan kata-kata yang menarik yang kita posting mampu menarik perhatian pelanggan untuk mengetahui lebih jelas produk yang sedang dipromosikan. Tanpa batasan ruang dan waktu, selama orang-orang bisa mengakses internet, produk kita akan mudah ditemui melalui berbagai media sosial yang saat ini banyak digunakan.

4. Mudah Membangun Hubungan Konsumen yang Lebih Akrab dan Tertarget

Menggunakan strategi digital marketing, pemilik bisnis dapat berinteraksi di dunia maya dengan pelanggan secara langsung dan cepat merespon permintaan mereka dalam percakapan. Selain itu, interaksi yang dibangun dengan calon pelanggan mampu menjangkau pembeli/pengguna produk Anda yang potensial. Begitu banyak potensi di media sosial untuk mencapai pendapatan yang lebih besar dan segmen pelanggan yang lebih tertarget, jika strategi yang Anda gunakan tepat.

5. Mudah Menentukan Target Pasar

Pasar terdiri dari banyak konsumen yang sangat beragam dengan kebutuhan yang berbeda-beda pula. Konsumen memiliki perbedaan dalam hal jenis kebutuhan, daya beli, lokasi geografis, kebiasaan membeli, dan karakteristik atau cara pembelian. Semua variabel tersebut dapat digunakan untuk membidik calon pembeli Anda. Konsumen yang sesuai dengan segmentasi produk atau jasa kita tentu lebih potensial membeli daripada konsumen yang umum atau tidak ter-target. Melalui digital marketing di sosial media, kita dapat menentukan target konsumen kita secara terukur dengan memilih karakteristik akun sosial media yang berhubungan dengan kriteria yang kita tetapkan. Misalnya, produk keripik pedas tentunya akan mudah dibeli oleh pelanggan potensial jika kita menyasar iklan kita ke konsumen yang berusia muda (usia 16-22 tahun) dan berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa, dan kriteria-kriteria lainnya yang dapat kita tetapkan sendiri.


Secara garis besar, pengelolaan strategi digital marketing adalah sesuatu yang dapat dipahami dengan mudah dan sangat mungkin diterapkan di bisnis Anda. Melalui pemaparan manfaat sosial media di atas, kini Anda selaku business owner tidak perlu lagi takut untuk bersaing secara langsung dengan bisnis-bisnis kelas atas. Perkenalkan produk yang ingin Anda pasarkan kepada konsumen dengan baik. Selamat menjemput perhatian konsumen dengan digital marketing, Yuk Digitalkeun!

Posting Komentar untuk "Manfaat Digital Marketing dengan Media Sosial Bagi Pemilik Bisnis"

Surveytime - Take Online Surveys and Earn USD 1 Instantly


Terantara Adventure Organizer - Header Ads