Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Outbound Training Program for Corporate

Pentingnya Media Sosial Bagi Pemasaran Produk UKM


Kemunculan media sosial yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, hingga sukar untuk menemukan seorang ahli marketing yang tidak merekomendasikan media sosial sebagai bagian dari strategi pemasaran secara keseluruhan. Tapi apakah waktu dan usaha yang dikeluarkan untuk membangun kehadiran media sosial adalah benar-benar sebanding pada saat ini? Apa manfaat sepenuhnya dari media sosial dalam usaha kecil atau usaha skala menengah?

Ada 8 hal pentingnya media sosial dan cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif bagi produk UKM Anda, yaitu seperti yang Digitalkeun ulas berikut ini. 

1. Pemasaran dengan Media Sosial (Social Media Marketing) Dapat Mengurangi Biaya Pemasaran Anda

Pertama dan yang paling penting, kemampuan tweet atau posting ke Facebook sangat menarik untuk dipelajari dan diatur agar lebih efektif daripada menghabiskan uang untuk iklan atau mengirim ribuan surat. Tapi ada juga alat periklanan digital yang kuat, yang memungkinkan Anda melakukan kampanye pemasaran secara tertarget atau spesifik, baik dengan kata kunci di mesin pencarian (Google, Yahoo, Bing, dsb.) atau menyasar demografi tertentu sehingga Anda bisa mendapatkan kembali uang yang telah diinvestasikan, bahkan lebih.

2. Media Sosial Bisa Mempengaruhi Hasil Cari di Mesin Pencarian (Search Engine)

Ketika Anda ingin media sosial dapat mempengaruhi posisi ranking website usaha Anda di mesin pencari, yang harus dilakukan adalah membuat konten yang optimal dan menarik. Selain itu, konten yang menarik juga dapat menyebabkan situs-situs lain juga tertarik pada isi artikel Anda dan membuat link ke situs web yang Anda miliki, sehingga akan meningkatkan lalu lintas atau jumlah pengunjung ke situs web Anda. Media sosial menjadi alat yang tepat untuk mencari pengunjung yang sesuai, dan kemudian mereka akan terus melakukan kunjungan, bahkan menyebarkan (share) website Anda secara gratis.

3. Media Sosial Bisa Menjadi Saluran Layanan Pelanggan yang Baik

Mungkin Anda sedang mencari cara untuk mengakomodasi dan merespon komentar, pertanyaan, saran, dan kritik dari pelanggan? Maka media sosial adalah jawaban yang sangat tepat. Pelanggan yang menggunakan media sosial seperti Facebook atau Twitter dengan mudah dapat berkomunikasi dengan Anda, dan memungkinkan Anda untuk merespon komentar mereka, yang juga dapat dilihat oleh pelanggan yang lain.

4. Dengan Media Sosial Kepribadian Bisnis Anda di Dunia Digital dapat Dibentuk dan Dicitrakan dengan Baik

Pemasaran menggunakan media sosial lebih mirip seperti mengadakan pesta daripada mengadakan pertemuan bisnis. Setiap pebisnis umumnya paham, bahwa Anda akan seringkali melakukan transaksi bisnis yang lebih baik yaitu dalam situasi sosial, bukan situasi formal. Hal ini adalah karena sifat manusia sebagai makhluk sosial. Media sosialnadalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepribadian bisnis UKM Anda, dan kemudian dapat digunakan untuk menampilkan informasi, karyawan, ruang kerja, dan banyak lagi. Jadikan merek Anda layaknya seorang manusia, dan pelanggan akan dengan mudah menghubungi Anda serta mempertahankan loyalitas.

5. Media Sosial Memungkinkan Anda untuk Terhubung dengan Pelaku Usaha Lainnya

Jika memang media sosial dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan, hal ini juga berarti bahwa platform ini juga memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pemilik UKM lainnya atau akun media sosial mereka. Anda mungkin juga mendapatkan mitra untuk distributor baru. Dengan menggunakan media sosial Anda dapat memiliki percakapan nyata dengan manusia nyata yang dapat diakses dengan baik secara sosial, dan tanpa hambatan lokasi atau geografis.

6. Pelanggan Bisa Melakukan Validasi dan Merekomendasikan Bisnis Anda di Media Sosial

Dengan terhubung langsung dengan pelanggan Anda, maka akan memungkinkan mereka mendapatkan layanan pelanggan yang terbaik. Selain itu hal ini akan terjadi dalam forum publik yang dapat dilihat oleh semua orang. Jadi ketika seorang pelanggan memberikan pujian atau kepuasan terhadap layanan Anda dan merekomendasikan ke semua teman-teman mereka, tentu sangat mungkin teman-teman mereka menjadi pelanggan potensial Anda.

7. Dengan Media Sosial Anda Bisa Memberikan Nilai atau Edukasi

Gagasan yang menyatakan bahwa Anda benar-benar ahli dalam bidang usaha kecil dan menengah yang Anda jalani ketika Anda telah mampu memberikan nilai atau edukasi yang berharga kepada pelanggan. Baik posting, tweet yang atau blog tentang hiburan atau pendidikan, apapun itu, jika Anda dapat memenuhi keinginan pelanggan, itu berarti Anda memberikan nilai berharga yang akan diapresiasi oleh pelanggan.

8. Media Sosial Memberikan Anda Kesempatan Untuk Dapatkan Keunggulan Kompetitif

Jika digunakan dengan benar, media sosial dapat meningkatkan tingkat pencarian pada bisnis UKM Anda, memberikan layanan pelanggan yang terbaik, merancang kepribadian online yang efektif, terhubung dengan mitra bisnis baru, membangun hubungan, dan memvalidasi keahlian Anda dengan memberikan nilai konsumen yang berharga. Apakah Anda tahu apa artinya? Itu berarti Anda mendapatkan keunggulan kompetitif untuk bersaing.

Bagaimana menurut anda? Masih ragu-ragu untuk menggunakan media sosial? Percayalah, media sosial sangat berguna untuk usaha kecil dan menengah. Saat memulai bisnis UKM akan lebih baik jika tidak mengeluarkan modal terlalu besar, termasuk dalam hal pemasaran. Jangan lupa buat desain logo bisnis UKM Anda yang unik dan menarik, termasuk untuk digunakan di media sosial.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Media Sosial Bagi Pemasaran Produk UKM"

Surveytime - Take Online Surveys and Earn USD 1 Instantly


Terantara Adventure Organizer - Header Ads